Para Wisatawan Mulai Melirik Kain Tenun Baduy

Para Wisatawan Mulai Melirik Kain Tenun Baduy

Para Wisatawan Mulai Melirik Kain Tenun Baduy Wisatawan melirik kain tenun Baduy di pedalaman Kabupaten Lebak, Banten, lantaran mempunyai nilai seni tradisional serta warnanya tidak sama dengan tenun lain di tanah air. " Kami terasa kewalahan keinginan wisatawan untuk beli tenun Baduy cukup banyak, " kata Meti, seseorang perajin Baduy warga Kadu Ketug, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Senin (27/10/2014).

Menurut Meti, sampai kini wisatawan yang bertandang dari beragam daerah yang lakukan perjalanan wisata budaya di lokasi Baduy mereka tertarik kain Baduy. Wisatawan domestik yang datang kesini mau tahu kehidupan warga Baduy. Bahkan juga, banyak juga wisatawan beli product kerajinan Baduy dengan jumlah banyak. " Pengunjung beli kain tenun Baduy untuk jadikan kenang-kenangan dengan argumen tradisional juga mempunyai nilai seni, " tuturnya.

Benang bahan baku kain tenunan dihadirkan dari Majalaya Bandung, Jawa Barat. Kerajinan kain tenunan ditangani golongan wanita dengan peralatan dengan cara manual manual.

Umumnya, lanjut Meti, untuk kerjakan kain dengan ukuran 3x2 mtr. persegi dapat ditangani sepanjang sepekan.

Pelaksanaan kain tenun sembari duduk di balai-balai rumah yang terbuat dari dinding bambu serta atap rumbia. " Kami sangatlah terbantu pendapatan ekonomi keluarga dengan kerajinan kain Baduy itu, " tuturnya.

Salah seseorang perajin warga Baduy Luar, Jali, mengakui sampai kini keinginan kain serta batik Baduy bertambah hingga wisatawan domistik dari luar daerah sehari-hari datang ke perkampungan Baduy.

Harga kain tenun serta baju batik Baduy bergantung kwalitas mulai Rp 70. 000 hingga Rp 350. 000. " Saat ini banyak wisatawan domestik makin menyukai product Baduy, " tuturnya.

Kepala Dinas Perindustrian serta Perdagangan Kabupaten Lebak, Wawan Ruswandi menyampaikan, pihaknya selalu lakukan pembinaan diversifikasi product kerajinan tenun serta batik Baduy. Sekarang ini, terdaftar 50 perajin tenun serta batik Baduy selalu di kembangkan lantaran bisa menumbuhkan ekonomi lokal.

Pemerintah daerah juga mengenalkan tenunan hasil karya perajin Baduy pada pameran-pameran pembangunan yang diadakan di Banten ataupun DKI Jakarta.

Karena kain tenun Baduy mempunyai nilai tradisional serta hasil product dalam negeri. Bahkan juga, saat ini product kain serta batik Baduy telah banyak digunakan oleh pegawai negeri sipil (PNS) remaja, lanjut usia serta siswa sekolah.

Mereka berbusana baju batik Baduy itu, terkecuali dipakai untuk keseharian juga undangan. " Kami optimistis product tenun Baduy itu dapat mendunia lantaran mutunya cukup bagus serta unik, " tuturnya.

Sumber
Yoshi Tour Bandung
Yoshi Tour Bandung
Untuk Anda yang berminat liburan ke kota Bandung bisa memesan paket wisata Bandung dari Yoshi Tour Bandung.


Posted by Sara Felicia Dennis, Published at 7:57 PM and have 0 comments

No comments:

Post a Comment